Sunday, November 13, 2022

the Wow Thing!

 Hari ini gw nonton channel berita internasional gtu, ngebahas tentang Madagaskar yg saat ini lg mengalami krisis pangan. Dalam penjelasannya mengenai Madagaskar, pewarta berita bilang klo negara ini pernah di kolonisasi sama Indonesia. Ini lah the Wow Thing!

Gw pernah denger emg klo penduduk Indonesia ada yg dikirim ke sana, jaman duluuuu bgt. Imigrasi penduduk Jawa ya klo gak salah? Coba check me if I'm wrong.

Tp dari apa yg gw tau mengenai imigrasi warga Jawa ke Madagaskar, para warga ini dikirim untuk mengolah lahan pertanian di Madagaskar. Itu ajah! Bahkan gw gak mendengar ada kata 'Indonesia menjajah Madagaskar'. Nah, tapi apa yg gw denger ini kan dari pihak Indonesia ya... pastinya gak menggunakan kata 'menjajah'.

Kalau dari pihak Madagaskar, ya pasti mereka merasa 'kami dijajah' ya.

Lalu berpikir, ini yaa mirip sama cerita tentang Indonesia dari sisi negara yg menjajahnya.

Mereka2 (negara yg menjajah) ini menganggap mereka melakukan kerja sama perdagangan, bahkan salah satu negara menganggap bahwa mereka datang untuk melepas Indonesia dari pengaruh Eropa guna membuat mimpi mereka menjadi kenyataan. Yaa, mimpi mereka ya untuk mengembalikan Asia sebagai Asia dan lepas dari pengaruh Eropa. (PASTI YA UDAH TAU NEGARA APA INI! hahahahahha)

Premis ala ala gw adalah, negara yg menjajah pastinya merasa superior dan menganggap mereka tidak menjajah, tp membawa pengaruh positif. Sementara negara yg disambangi, pasti merasa terjajah.

Uhmmmmmmm *sekian curhatan siang2 yg jelas gak jelas ini* hehehhe

No comments: